×


5 Tips Merawat Aki Mobil Kamu Setelah Lama Tidak Terpakai
07 July 2020

Habis libur Panjang, mobil ditinggal dirumah untuk waktu yang cukup lama. Tahukah kamu mobil yang lama tidak dipakai dapat membuat aki rusak? Maka dari itu kamu harus melakukan perawatan untuk mobilmu.

Setelah lama tidak dipakai, sebaiknya lakukan perawatan pada aki. MPM Parts punya 5 tips merawat aki mobil kamu setelah lama tidak terpakai :

1.       Panaskan mobil

Daya pada aki mobil akan terisi ketika mobil dihidupkan atau tengah berjalan. Ternyata, ketika mobil tidak digunakan, daya pada aki bukannya tersimpan malah akan berkurang yang dapat menyebabkan tenaganya kosong. Sebaiknya mintalah seseorang untuk memanaskan mobil selama 15 menit tiap seminggu sekali.

2.       Cek aki dengan battery tester

Cobalah cek aki dengan battery tester untuk mengetahui voltage, CCA, Ohm, state of charge (%), dan state of health (%).

3.       Isi ulang air aki

Cobalah cek batas minimum volume air aki pada aki mobilmu. Hal ini berlaku pada mobil yang menggunakan aki basah.

4.       Periksa tekanan angin

Walaupun mobil lama tidak terpakai, tekanan angina pada ban dapat berkurang. Mobil dengan ban yang kurang tekanan angin dapat menyebabkan komponen mesin bekerja lebih berat.

5.       Cuci mobil

Kebersihan mobil juga harus diperhatikan setelah lama tidak dipakai. Cuci mobil dan bersihkan bagian ruang mesin dengan lap basah terutama aki basah. Aki basah yang kotor sulit dilihat kandungan air akinya.

Pastikan aki mobilmu menggunakan aki dari Hitachi Battery. Hitachi Battery merupakan salah satu brand yang didistribusikan oleh MPM Parts. Hitachi Battery memiliki 2 varian, yaitu :

-          Baterai Bebas Perawatan (Aki MF)

-          Baterai Tipe Konvensional (Aki DC)

Untuk pembelian kunjungi outlet-outlet yang bekerjasama dengan MPM Parts atau secara online melalui Blibli.com di merchant official : MPM Parts. Informasi produk lebih lanjut klik www.mpm-parts.com.