×


Ini Dia 5 Penyebab Motor Matic Boros!
09 October 2019

Sebagian penduduk di Indonesia memilih menggunakan motor matic. Apakah kamu pengendara motor matic? Jika ya, pasti sudah tahu apa saja kelebihan motor matic dibandingkan motor manual. Motor matic lebih mudah dikendarai karena tidak perlu ganti transmisi. Namun, beberapa orang beranggapan bahwa motor matic lebih boros dibandingkan motor manual.

Boros atau tidaknya bergantung pada cara pemilik motor menggendarai dan perawatan yang diberikan untuk motornya. Maka dari itu, perlakukan motor matic dengan apik dan memberi perawatan secara rutin. Terkadang, pemilik motor matic tidak sadar perilakunya saat mengendarai motor yang dapat menyebabkan motor maticnya menjadi boros bahan bakar.

Motor matic yang boros sangat merugikan bagi si pemilik motor matic terutama pengeluaran uang menjadi lebih besar untuk membeli bahan bakar. Oleh karena itu, MPM Parts ingin berbagi info 5 penyebab motor matic menjadi boros, yaitu:

1. Mengisi bahan bakar dengan oktan yang rendah

Motor matic produksi baru diproduksi dengan standard bahan bakar dengan RON (Research Octane Number) antara 90 (Pertalite), 92 (Pertamax), atau Pertamax Plus (95). Jadi usahakan jangan mengisi bahan bakar dengan oktan yang lebih rendah dari standard.

2. Mengendarai dengan kecepatan yang tidak stabil

Jika kamu sering mengendarai motor dengan kecepatan yang tidak stabil seperti mengebut pada kecepatan 80 Km/Jam lalu pelan menjadi 30 Km/Jam maka otomatis akan membuat bahan bakar lebih banyak terpakai dibandingkan dengan kecepatan yang stabil di kecepatan 30 Km/Jam di sepanjang jalan.

3. Jarang servis motor

Cobalah untuk rajin untuk servis motor maticmu. Dengan melakukan servis maka segala kerusakan dapat diketahui dan dapat diperbaiki agar performa motor matic optimal.

4. Terlalu lama memanaskan mesin

Memanaskan mesin terlalu lama hanya akan membuat banyak bahan bakar terbuang sia-sia. Jadi sebaiknya panaskan mesin dalam waktu singkat.

5. Memodifikasi motor berlebihan

modifikasi motor secara berlebihan akan merubah spesifikasi mesin yang akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar berlebih.

Sekarang kamu sudah tahu ya penyebab motor matic boros. Jangan sampai lupa lakukan 5 poin di atas ya! Supaya motor maticmu memiliki performa yang baik selalu gunakan produk sparepart yang original dan berkualitas. Pilih produk spareparts yang didistribusikan oleh MPM Parts. Untuk informasi produk lebih lanjut klik www.mpm-parts.com. Selamat berkendara!