×


Perbedaan Aki Mobil Maintenance Free dan Dry Charge
17 September 2019

Pasti kamu pernah mendengar istilah maintenance free dan dry charge? Dua istilah berlaku untuk aki kendaraan khususnya aki mobil. Sebenarnya untuk lebih mudah dipahami maintenance free adalah aki kering sedangkan dry charge adalah aki basah. Masing jenis aki tersebut memiliki perbedaan.

Perbedaannya terletak pada komponen-komponennya dan cara perawatannya. MPM Parts akan menjelaskan perbedaan-perbedaan aki maintenance free dan dry charge, yaitu:

1. Komponen aki maintenance free dan dry charge

Dry Charge biasa disebut aki basah karena cairan di dalamnya terlihat yang merendam sel-selnya. Dan biasanya, sel-sel aki basah dibuat dari bahan timbel alias PbSb sedangkan untuk maintenance free atau yang biasa disebut dengan aki kering memiliki teknologi yang dapat mengurangi penguapan cairan.

2. Perawatan aki maintenance free dan dry charge

Aki maintenace free atau aki kering perawatannya jauh lebih mudah ketimbang aki basah. Pada aki kering cukup periksa area ujung kabel dan terminal aki pastikan tidak ada jamur yang berwarna putih. Aki kering perawatannya hanya untuk terminalnya, cukup lihat ada yang putih atau tidak. Bila ada cukup siram dengan air panas saja otomatis jamur akan rontok dan aki normal kembali. Sedangkan untuk dry charge atau aki kering perawatannya disarankan satu bulan sekali harus ditambah airnya karena aki basah itu penguapannya tinggi.

Itulah beberapa perbedaan aki maintenance free dan dry charge. Untuk kamu yang sedang mencari aki yang berkualitas, pilih aki dari NGS. Aki dari NGS terdiri dari Aki maintenance free dan dry charge yang tersedia untuk berbagai tipe mobil kamu. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi outlet-outlet yang bekerja sama dengan MPM Parts atau klik www.mpm-parts.com.

Referensi :

www.Indobatt.com