×


Ganti V-Belt Sebelum Putus di Jalan
29 June 2020

Siapa yang pernah mengalami motor mogok di tengah perjalanan? Rasanya sangat menganggu dan merepotkan. Selain mengeluarkan biaya lebih untuk memperbaiki masalah, motor mogok juga menghambat aktivitas. Untuk menjauhkan kamu dari kejadian motor mogok, ada baiknya kamu mengecek kondisi motormu secara rutin.

Pengecekan kondisi motor dimulai dari bagian yang terlihat seperti ban, bensin hingga bagian dalam motor seperti aki dan v-belt. V-belt sering kali tidak dicek karena letaknya yang tidak mudah terlihat, padahal v-belt juga dapat menyebabkan motor mogok. V-belt yang sudah tidak layak pakai dapat putus ditengah jalan dan menyebabkan motormu mogok.

Saat mengecek v-belt pada motor, terdapat beberapa indicator yang menandakan v-belt motormu sudah tidak layak pakai. MPM Parts sudah merangkum beberapa indicator v-belt yang sudah tidak layak pakai, yaitu:

1.      Terdengar suara berdecit pada motor

Ketika kamu menyalakan mesin dan mengendarai motormu, perhatikan apakah terdengar suara berdecit? Jika ya, mungkin suara itu berasal dari komponen v-belt yang tidak dapat berfungsi dengan baik.

2.      Motor terasa bergetar ketika dikendarai

Jika kamu merasakan getaran yang lebih dari biasanya ketika sedang megendarai motormu, mungkin itu menandakan adanya kerusakan pada v-belt

3.      Terdapat retakan pada v-belt

Coba lihat v-belt mu apakan terlihat pecah-pecah atau terdapat retakan-retakan? Jika ya segera ganti v-belt motormu dengan yang bru karena v-belt yang retak rawan untuk putus.

4.      Gerigi pada v-belt terlihat lancip

Pada v-belt terdapat bagian yang bergerigi. Coba kamu perhatikan bagian bergerigi, apakah lekukan terlihat lancip atau berbentuk V? Jika ya segera ganti v-belt motormu dengan yang baru.

5.      Spidometer sudah mencapai 25000-30000 KM

Jika spidometermu sudah mencapai 25000-30000 KM, disarankan untuk mengganti v-belt motormu dengan yang baru karena besar kemungkinan v-belt sudah mengalami keausan.

Pilih v-belt dari Daytona yang sudah memiliki banyak keunggulan dan kualitas yang baik diantaranya: umur pakai 20% lebih lama daripada belt standar, lebih kuat terhadap tekanan sampai 15%, special groove, untuk fleksibilitas maksimum. Selain itu, produk Daytona juga menjadi salah satu brand spareparts yang didistribusikan oleh MPM Parts. Informasi produk lebih lanjut kunjungi www.mpm-parts.com. Untuk pembelian produk Daytona kunjungi outlet-outlet yang bekerja sama dengan MPM Parts, atau pembelian secara online melalui:

Shopee : Daytona Official Store

Tokopedia : Daytona Official Store

Blibli : MPM Parts

Referensi:

www.daytonaindonesia.com