×


Naik Motor Selama Penerapan PSBB, Sebaiknya Pakai Helm Full Face
23 June 2020

Pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 terus diperluas. Sebelumnya, penerapan PSBB hanya dilakukan di DKI Jakarta, kemudian ke wilayah Jawa Barat dan sekarang juga diterapkan di daerah Jawa Timur. Di Jatim sendiri ada tiga wilayah yang sudah menerapkan PSBB, yakni Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan juga Gresik.

Dengan adanya penerapan ini, tentunya ada berbagai aturan yang harus dipatuhi oleh setiap warga saat melakukan aktivitas di luar rumah, termasuk saat berkendara. Bagi pengguna kendaraan roda dua, diwajibkan menggunakan masker dan sarung tangan. Selain menggunakan perangkat pengamanan diri tersebut, pengendara juga harus menggunakan pelindung kepala atau helm.

Tetapi, dalam kondisi pandemi Corona seperti ini pengendara roda dua lebih disarankan menggunakan helm full face ( cakil) dibandingkan menggunakan helm standar atau half face. Alasannya dengan konstruksi helm full face yang menutupi hingga depan muka, menghindarkan pengendara motor dari benda asing yang bisa masuk ke muka.

Meskipun sudah menggunakan masker saat berkendara, menggunakan helm full face tetap diperlukan untuk lebih memberikan perlindungan diri. Selain itu, Oke mengatakan, dalam kondisi seperti ini perawatan pelindung kepala itu juga harus lebih diperhatikan.

Terutama sebelum atau sesudah memakainya helm harus dibersihkan, sehingga kebersihannya akan tetap terjaga.

 

Jika di wilayah PSBB masih memperbolehkan pengendara kendaraan roda dua berboncengan, Oke menambahkan, pembonceng sebaiknya juga menggunakan helm cakil.